News

Pelatihan Pendidikan Inklusif bagi Guru SD dan MI di Hotel Aksi Bangka

0 Comments Wed, Mar 22 2017 - 08:22 | Warta Dinas Pendidikan
Pelatihan Pendidikan Inklusif bagi Guru SD dan MI di Hotel Aksi Bangka
Dinas Pendidikan  dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang menggelar Kegiatan Pengembangan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Pendidikan Inklusif Guru SD/MI Kota Pangkalpinang Tahun 2017, bertempat di Hotel Aksi Resort Natural, Desa Kace Timur Bangka mulai tanggal 21 sampai dengan 24 Maret 2017.

Acara yang dibuka Bapak Suparyono, Asisten Pemerintahan Umum mewakili Wakil Walikota Pangkalpinang ini diikuti 90 orang peserta. Terdiri dari guru- guru kelas 2 sekolah regular jenjang SD/MI di kota Pangkalpinang.

Kegiatan Pengembangan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Pendidikan Inklusif ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan pengetahuan kepada Guru di sekolah regular tentang pendidikan inklusif. Dimana pendidikan inklusif merupakan suatu strategi untuk mempromosikan pendidikan universal yang efektif karena dapat menciptakan sekolah yang responsive terhadap keberagaman karakteristik dan kebutuhan anak. Secara konseptual, dengan diterapkannya pendidikan inklusif memungkinkan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) bersekolah  di sekolah manapun sesuai dengan keinginannya.

Narasumber yang dihadirkan Drs. Sunaryo, M.PD, dosen Pendidikan Khusus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, M. Nasir, S.Pd, Kabid PK- PLK Provinsi Babel, dan Warsih Sriwahyuni, S.Pd, Kepala  PK-PLK SLB Negeri Pangkalpinang. Para narasumber memberi penjelasan tentang Pendidikan Untuk Semua (PUS) , Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), Konsep Pendidikan Inklusif, dan SLB sebagai Pusat Sumber Belajar.

Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini dapat membangun kesadaran dan konsensus pentingnya pendidikan inklusi sekaligus menghilangkan sikap dan nilai yang dikriminatif kepada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Serta Pendidikan Inklusi dapat diterapkan di sekolah-sekolah regular jenjang SD/MI. (Ulfa)

Input Comment

Name Is Required Cannot be empty.
Email Is Required Cannot be empty.
Comment Is Required Cannot be empty.

0 Comments